BRC – Toba Samosir

Brotherhood & Safety Riding is Our Priority

Servis Pasca Turing, Kembalikan Kesegaran Mesin

Posted by Bambang Irwanto pada 27 Desember 2011

Pasca turing motor kembali fit

Pasca turing, biasanya kondisi tunggangan turun kemampuannya. Sebab kerja mesin lebih lama dari biasa, memungkinkan ada sebagian dari komponen alami gangguan. Jika diacuhkan bisa aja mogok di jalan.

Untuk menghindarinya, Tommy Bramantya kepala instruktur semua cabang HMTC (Hartomo Mechanical Training Centre) kasih saran. Katanya cek wajib dilakukan sebelum memasuki aktifitas rutin harian. “Bisa dilakukan sendiri di rumah atau bengkel. Seperti cek sistem pasokan bahan bakar, pelumas juga transmisi,” imbuh Tommy dari Jl. Raya Tole Inskandar, No. 9A, Depok.

Pertama, buka busi untuk melihat hasil bunga api. Untuk memastikannya, tempelkan kepala busi di blok mesin, lalu selah berkali-kali. Sekalian juga ukur kerenggangan busi sesuai petunjuk buku panduan masing-masing motor.

Trus, bersihkan karburator jika lansam dan rpm tingginya mulai terganggu. Mungkin lubang spuyer di dalam tersumbat serpihan kotoran atau timbunan debu. Untuk mengusirnya, copot karbu untuk dibongkar lalu cuci sekalian tiup spuyer juga lubang alirannya.

“Bersihkan juga kotoran busa di kotak filter dan saringan bensin di keran tangki. Supaya aliran masuk udara dan bensin ke karbuartor nggak tersumbat,” lanjut bapak yang 2 minggu kemarin turing ke Ujung Genting, Sukabumi.

Kemudian periksa isi dan kekentalan oli di bak mesin. Kalau hampir 3.000 km atau ada yang rembes dari paking, baiknya pelumas ganti baru. Kalau oli berkurang, pendinginan transmisi yang berputar ikutan payah. Risikonya mesin bisa jebol.

Lari ke rantai, biasanya sering kendur setelah terima beban berat hasil putaran roda gigi. Bahaya terlalu kendur, kalau sampai nyelip di antara sproket dan teromol, putaran roda bakal berhenti mendadak. “Untuk itu setel ulang dan kasih pelumas agar tidak bunyi. Lebih sip lagi, pakai cairan semprot khusus rantai,” tutup Tommy yang bisa dikontek di nomor (021) 87744499, 87744559. (motorplus-online.com)

Iklan

Satu Tanggapan to “Servis Pasca Turing, Kembalikan Kesegaran Mesin”

  1. Karikatur said

    thanks beerrrroooo… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: