BRC – Toba Samosir

Brotherhood & Safety Riding is Our Priority

Salah Perawatan Bikin Rantai Cepat Aus!

Posted by Bambang Irwanto pada 11 Desember 2011

Kesalahan perawatan kerap dilakukan pengendara terhadap rantai motornya. Ini menjadi penyebab utama penggunaan rantai terutama bawaan pabrik cepat aus.

Willianto Husada, Deputy Director PT Indomobil Bhupala, distributor Indoparts mengakui. “Untuk rantai bawaan pabrik yang sudah menerapkan teknologi O-ring tidak perlu lagi diberikan pelumas tambahan. Sebab, di rantainya sendiri sudah mengandung pelumas khusus,” jelasnya.

Ketidaktahuan ini diperparah lagi dengan menambahkan cairan-cairan seperti oli atau bensin ke bagian rantai. “Kejadian ini membuat karet O-ring jadi cepat rusak karena bensin itu,” katanya.

Gunawan, dari Otomart menambahkan, kalaupun hendak diberikan tambahan pelumas untuk rantai after-market sebaiknya gunakan pelumas khusus untuk perawatan rantai. “Misalnya yang dijual bebas seperti chainlube,” ungkapnya.

Mengecek tingkat ukuran kekencangan rantai perlu rutin dilakukan. “Ukurlah tingkat kekencangan pada rantai. Paling tidak 2 minggu sekali,” kata Gunawan. Cepat amat ya?

Segeralah periksa jika terdengar suara-suara yang aneh keluar dari rantai motor. Pastikan kondisi rantai dalam keadaan baik, jika tidak ingin putus di jalan. (motorplus-online.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: