BRC – Toba Samosir

Brotherhood & Safety Riding is Our Priority

Waspada, Cakram Model Gelombang Hanya Untuk Rem Sesaat!

Posted by Bambang Irwanto pada 10 Mei 2011

Model cakram yang area kontaknya seperti gelombang atau ombak enggak bisa sembarangan pakai. Terutama, pengguna kuda besi yang doyan ngebut. Desain cakram yang pinggir luarnya seperti gelombang hanya untuk satu tujuan.

“Mengeremnya enggak bisa terlalu lama. Hanya dipakai untuk mengerem sesaat dan langsung nikung,” kata Nobuhiro Fujita, Technical Adviser PT Yutaka Manufacturing Indonesia (YMI).

Seandainya dipakai untuk braking lama risikonya panas yang dihasilkan akan berpengaruh pada permukaan cakram. Karena bergelombang ada bagian yang tidak kena jepit. Dampaknya, penyebaran panas jadi tidak merata. Bisa bikin piringan enggak normal alias sudah tidak rata lagi.

“Berbeda kalau dibawa keliling rumah aja. Kecepatan rendah. Efeknya lama dibanding kalau mengerem jauh setelah kecepatan tinggi,” urai Fujita.

Berbeda dengan cakram yang rata membulat. Kata Fujita dipakai dengan segala jenis kemampuan braking, juga tidak ada masalah. Itu karena area kontak dengan kampas rem dan pelepasan panasnya merata. (motorplus-online.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: